Perkuad-media.id, Batam – Jasa Raharja Kepri melakukan kunjungan dan koordinasi dengan instansi-instansi yang berwenang di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Kota Batam pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 di Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Kota Batam.
Kunjungan tersebut mempertemukan Kepala Jasa Raharja Kepri, Wanda P. Asmoro dengan Kepala Pos Syahbandar, Kepala Pos KPLP, dan Wakasatker Badan Usaha Pelabuhan BP Batam.
Kunjungan tersebut merupakan giat silaturahmi rutin untuk menguatkan kerja sama antara Jasa Raharja dengan instansi-instansi berwenang terkait utamanya dalam rangka penjaminan penumpang kapal selama perjalanan dari Pelabuhan Telaga Punggur.
Disampaikan oleh Kepala Jasa Raharja Kepri, kunjungan juga sebagai bentuk koordinasi inisiasi dalam rangka rencana penerapan e-ticketing di Pelabuhan Telaga Punggur.
“Kami secara rutin lakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait yang berwenang di tiap-tiap Pelabuhan, salah satunya di Pelabuhan Telaga Punggur ini supaya kerja sama terjalin selalu dengan baik. Kami juga coba bicarakan kedepan kaitannya dengan penerapan e-ticketing untuk kemudahan pembelian tiket kapal penumpang,” jelas Wanda P. Asmoro.
Penerapan e-ticketing saat ini menjadi fokus instansi-instansi berwenang di Pelabuhan Telaga Punggur dan Jasa Raharja demi memberikan kemudahan pengawasan instansi-instansi berwenang tersebut, serta kemudahan dalam rangka pengutipan ongkos tiket penumpang serta pengutipan premi Iuran Wajib Kapal Laut (IWKL) Jasa Raharja.
Penerapan e-ticketing nantinya juga akan menciptakan satu single-data penumpang yang andal dan bisa dimanfaatkan oleh dengan sebaik-baiknya oleh stakeholder terkait, utamanya tugas Jasa Raharja dalam rangka memberikan penjaminan kepada penumpang apabila mengalami kecelakaan dalam perjalanan menggunakan kapal laut. (*)